Di Jawa Barat Hanya Kota Bandung, KBB, dan Subang yang Tak Dapat WTP

Di Jawa Barat Hanya Kota Bandung, KBB, dan Subang yang Tak Dapat WTP

Kamis, 01 November 2018, 19.49
www.uhamka.ac.id/reg
www.uhamka.ac.id/reg
Di Jawa Barat Hanya Kota Bandung, KBB, dan Subang yang Tak Dapat WTP

Di Jawa Barat Hanya Kota Bandung, KBB, dan Subang yang Tak Dapat WTP

Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan 24 pemerintah kabupaten kota di Jawa Barat telah mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP)

Di Jawa Barat Hanya Kota Bandung, KBB, dan Subang yang Tak Dapat WTPTribun Jabar/Theofilus RichardPenyerahan penghargaan kepada pemerintah daerah yang berhasil meraih Opini WTP, Aula Soekarno Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat, Bandung, Rabu (31/10/2018)

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan 24 pemerintah kabupaten kota di Jawa Barat telah mendapatkan opini wajar tan pa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Namun, tinggal Kabupaten Subang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dan Kota Bandung, yang masih mendapat opini wajar dengan pengecualian (WDP).

Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan ketiga pemerintah kabupaten dan kota yang belum mendapat WTP ini harus melaksanakan semua rekomendasi BPK secara sesegera mungkin dan tepat waktu. Paling penting, katanya, adalah adanya niat dan usaha untuk membereskan atau menindaklanjuti laporan keuangan tersebut.

• Tak Diundang Maia Estianty, Ahmad Dhani Ngaku Dia yang Kenalkan Irwan Mussry ke Mantan Istrinya Itu

“Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong pemerintah kabupaten kota di Jabar untuk semuanya mendapat WTP, tidak ada yang WDP di tahun mendatang,” kata Uu seusai membuka Rapat Koordinasi Akutansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Jabar, Rabu (31/10).

Uu menyebutkan rapa t ini sangat penting sebagai bentuk apresiasi bagi kepala daerah, termasuk provinsi yang telah meraih prestasi dalam laporan keuangan dalam bentuk opini WTP.


"Prestasi ini jadikan sebagai motivasi bagi daerah lain menjadi lebih baik lagi dan mampu mempertahankan di tahun-tahun berikutnya," katanya.

WTP merupakan salah satu penilaian atas kualitas pemerintah daerah dalam menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Penggunaan APBD ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pembangunan, mulai dari pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat, Yuniar Yanuar Rasyid, mengatakan kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan sinergi antara wakil dari pemerintah pusat dengan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten kota yang menitikberatkan pada pengelolaan keuangan. Disertai dengan penyerahan penghargaan dari Menteri Keuangan RI selaku pengelola fiskal.

Salah sa tu alasan masih ada kabupaten kota berstatus WDP, Yuniar mengatakan hal tersebut diakibatkan kepemilikan aset tetap yang membutuhkan waktu untuk membereskannya.

Halaman selanjutnya 12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam Editor: Ichsan Sumber: Tribun Jabar Ikuti kami di Video PilihanSumber: Berita Jawa Barat

TerPopuler