295 Ribu Warga Jawa Barat Menumpang Nikmati Listik dari Tetangga | Liputan 24 Jawa Barat
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

295 Ribu Warga Jawa Barat Menumpang Nikmati Listik dari Tetangga

Posted by On 10:26 PM

295 Ribu Warga Jawa Barat Menumpang Nikmati Listik dari Tetangga

PLN, listrik

Petugas mengerjakan pekerjaan jaringan listrik, Sulawesi Tengah, Kamis (30/8). (Foto: ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)
PT PLN (Persero) mencatat sebanyak 295 ribu Kepala Keluarga (KK) di Jawa Barat menikmati listrik dari sambungan rumah tetangga. Saat ini total KK di Jawa Barat yang belum teraliri listrik sebesar 422 ribu.Menurut General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Iwan Purwana, jumlah KK yang menikmati listrik dari sambungan tetangga memiliki porsi 70 persen dari total KK di Jawa Barat yang belum menikmati listrik.

Baca Juga :

  • PLN Pertimbangkan Bangun Infrastruktur Listrik Tahan Gempa
  • PLN: Sebagian Listrik di Lombok Masih Padam Akibat Gempa
  • PLN: B anyak Warga NTT dan Papua Butuh Subsidi Biaya Sambung Listrik
“Itu total yang belum berlistrik ada 422 ribu, tapi yang 70 persen itu nyantol ke tetangga,” ujarnya saat ditemui di Kawasan Lembang, Bandung, Sabtu (19/10).Dia pun mengaku, PLN sebenarnya telah membujuk agar warga yang menikmati listrik tetangga itu memasang instalasi sendiri, namun mereka menolak. Warga tersebut memandang biaya instalasi listrik terlalu mahal.

Pasukan siaga PLN Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB)

Pasukan siaga PLN TJBB sedang melakukan tugasnya. (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Padahal menurut Iwan, sejak awal PLN telah memberikan promosi untuk pemasangan listrik untuk daya 450 Volt Ampere (VA) hanya sebesar Rp 500 ribu. Jika merunut harga normal, masyarakat bisa dikenakan biaya Rp 1 juta.“Kami juga beri promosi ke m ereka, biaya pemasangan ini bisa dicicil sampai 12 bulan. Kami bujuk-bujuk, mereka bilang saya nyantol aja,” papar Iwan.Dia menambahkan pada tahun ini, beberapa BUMN memberikan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk pemasangan listrik gratis ke 100 ribu KK di Jawa Barat, sedang Pemprov Jawa Barat sebanyak 12 ribu KK.“Sinergi BUMN ini jadi Pertamina nyumbang, Telkom nyumbang, bank-bank pemerintah nyumbang. Realisasinya sampai sekarang sekitar 20 ribu,” katanya.Sumber: Berita Jawa Barat

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »