GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Ridwan Kamil Akan Mekarkan Sejumlah Wilayah di Jawa Barat, Termasuk Cianjur dan Bandung Timur

Ridwan Kamil Akan Mekarkan Sejumlah Wilayah di Jawa Barat, Termasuk Cianjur dan Bandung Timur

Ridwan Kamil Akan Mekarkan Sejumlah Wilayah di Jawa Barat, Termasuk Cianjur dan Bandung Timur Ridwan Kamil mengatakan selama ini jumla…

Ridwan Kamil Akan Mekarkan Sejumlah Wilayah di Jawa Barat, Termasuk Cianjur dan Bandung Timur

Ridwan Kamil Akan Mekarkan Sejumlah Wilayah di Jawa Barat, Termasuk Cianjur dan Bandung Timur

Ridwan Kamil mengatakan selama ini jumlah warga Jabar yang mencapai 48 juta orang ini jangan sampai hanya dijadikan bahan politik

Ridwan Kamil Akan Mekarkan Sejumlah Wilayah di Jawa Barat, Termasuk Cianjur dan Bandung TimurTribun Jabar/Ery ChandraAtalia Masih Tak Enak Badan, Tetap Semangat Imbangi Emil Hadiri Serah Terima di Gesat Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Istri orang nomor satu di Jawa Barat, Atalia Kamil mengaku masih dalam kondisi kurang sehat saat akan menghadiri acara serah terima jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018-2023 d i halaman Gedung Sate (Gesat), Kota Bandung, Kamis (6/9/2018). Dengan mengenakan pakaian dan jilbab berwarna ungu dipadu dengan selempang bercorak batik cokelat, ia terlihat begitu gesit segera memasuki mobil Alphard hitam. Atalia mengatakan persiapan hari ini telah banyak dilakukan, mengingat padatnya jadwal kegiatan. "Terutama sebagai ibu dan juga termasuk kondisi yang belum fit memang agak repot. Tapi saya bisa untuk mengimbangi suami," ujar Atalia, di kediamannya, Kota Bandung, Kamis (6/9/2018). Atalia menuturkan, walaupun kondisi kesehatannya belum pulih benar, ia tetap ingin memberikan semangat pada acara "Alhamdulillah dengan penuh semangat. Saya juga merasa bahwa masyarakat bahagia nanti," katanya. Atalia berada di samping suaminya, Ridwan Kamil sebelum meninggalkan kediamannya untuk menghadiri acara serah terima jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018-2023 dihalaman Gedung Sate (Gesat), Kota Bandung, Kamis (6/9/2018).

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil akan mendorong pemekaran kabupaten dan kota di Jawa Barat demi pemerataan kesejahteraan dan peningkatan pelayanan publik di Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengatakan selama ini jumlah warga Jabar yang mencapai 48 juta orang ini jangan sampai hanya dijadikan bahan politik untuk meraup suara. Namun, warga Jabar ini kurang mendapat hak-haknya.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan sebagai contoh Jawa Tengah dan Jawa Timur yang memiliki jumlah penduduk lebih sedikit dari Jawa Barat tapi memiliki jumlah kabupaten dan kota yang jauh lebih banyak dari Jawa Barat.

• Jembatan Cipaku Muncul Lagi, Warga Kenang saat Pembuatannya Tahun 1953 Silam

• Seorang Kakek di Cirebon Protes Rupiah Anjlok, Sindir Kinerja Sri Mulyani

"Jumlah penduduk Jawa Barat dua kali jumlah penduduk Malaysia atau dua kali jumlah penduduk Australia. Kompleksisitasnya seperti mengelola dua Malaysia," kata Kang Emil dalam sambutannya.

Kang Emil mengatakan jumlah daerah dalam satu provinsi menentukan jumlah anggaran yang didapat dari pemerintah pusat. Jawa Timur yang memiliki 38 kabupaten dan kota memiliki 39 juta penduduk, Jawa Tengah yang memiliki 35 juta penduduk memiliki 35 kota dan kabupaten, sedangkan Jabar yang memiliki 48 juta penduduk hanya memiliki 27 kota dan kabupaten.

Istilahnya, kata Emil, jika satu warga Jatim dibekali pemerintah pusat sebesar Rp 1 juta, maka satu warga Jabar hanya mendapat Rp 600 ribu. Karenanya, pemekaran berbagai daerah di Jabar menjadi agenda penting politiknya.

Selama ini, terdapat sejumlah daerah yang diajukan untuk dimekarkan, mulai dari Garut Selatan, Cianjur Selatan, sampai Bandung Timur. Sebelumnya, Ridwan Kamil pun menyatakan terdapat belasan daerah yang berpotensi dimekarkan.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam Editor: Yudha Maulana Sumber: Tribun Jabar Ikuti kami di Hina Ustaz Abdul Somad, Pemilik Akun Jony Boyok Dijemput FPI Sumber: Berita Jawa Barat

No comments