Lakpesdam NU Jawa Barat Bincang Serial NU Sunda | Liputan 24 Jawa Barat
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Lakpesdam NU Jawa Barat Bincang Serial NU Sunda

Posted by On 10:30 PM

Lakpesdam NU Jawa Barat Bincang Serial NU Sunda

Bandung, NU Online
Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpedam) PWNU Jawa Barat menggelar bincang serial NU Sunda. Rencananya dari perbincangan itu akan didokumentasikan dalam bentuk jurnal.
Ketua Lakpesdam PWNU Jawa Barat Asep Salahudin mengatakan, NU di Jawa Barat sangat menarik untuk digali dari sisi karakteristiknya, hubungan dengan masyarakatnya, dengan kebudayaan dan peradaban Sunda, dan yang lainnya.
Namun, kata penulis produktif di media nasional ini, sangat disayangkan hal itu tidak terdokumentasi dengan baik.
“Terutama dari sisi literasi sangat kurang,” katanya katanya pada diskusi yang berlangsung di kediaman salah seorang pengurus Lakpesdam, Enjang AS, Cibiru, Kota Bandung, Ahad (26/8). Karena itulah, lanjutnya, Lakpesdam NU Jawa Barat berencana akan menerbitkan jurnal. Niat itu telah diobrolkan kepada pengurus PWNU Jawa Barat. Dan ternyata niat itu mendap at dukungan dan sambutan positif dari mereka.
Lebih lanjut ia megatkan, saat ini NU mengusung tema Islam Nusantara. Jika dikuliti selubung tema itu, maka di dalamnya ada Islam Sunda, Islam Jawa, Madura, Minang, Aceh, dan yang lainnya. Dalam konteks ini, Islam Sunda sangat penting untuk dikaji.
“Di dalamnya, termasuk ada konsep para wali dalam menyebarkan Islam,” katanya.
Diskusi yang dimoderatori Sekretaris Lakpesdam NU Jawa Barat Wawan Gunawan, dihadiri kolumnis Hawe Setiawan sebagai pemantik perbincangan, Acep Iwan Saidi, dan belasan peserta lain yang statusnya narasumber. (Abdullah Alawi)
Sumber: Berita Jawa Barat

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »