BNPB Sebut Peringatan Gempa Bumi Berkekuatan 8 SR di Jawa Barat dan Jakarta Hoax | Liputan 24 Jawa Barat
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

BNPB Sebut Peringatan Gempa Bumi Berkekuatan 8 SR di Jawa Barat dan Jakarta Hoax

Posted by On 9:44 AM

BNPB Sebut Peringatan Gempa Bumi Berkekuatan 8 SR di Jawa Barat dan Jakarta Hoax

BNPB Sebut Peringatan Gempa Bumi Berkekuatan 8 SR di Jawa Barat dan Jakarta Hoax

Ia menyebutkan, akibat hoax itu, masyarakat banyak yang mengungsi ke tempat lebih tinggi karena khawatir gempa dan tsunami .

BNPB Sebut Peringatan Gempa Bumi Berkekuatan 8 SR di Jawa Barat dan Jakarta HoaxTribunnewsKepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Peringatan akan terjadi gempa sebesar 8 skala richter di Jakarta dan Jawa Barat yang tersebar melalui pesan instan WhatsApp, dipastikan kabar bohong atau hoax.

Hal itu dikatakan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter miliknya.

"Peringatan akan terjadi gempa di Jakarta dan Jawa Barat adalah HOAX. Jangan percaya dan jangan resah. Tak ada satu negara dan organisasi resmi di dunia yang mampu memprediksi gempa secara pasti. Jika menerima informasi semacam ini abaikan. Jangan ikut menyebarkan. Segera hapus." kata Sutopo via Twitter.

Seperti diketahui, selama 24 jam terakhir beredar informasi yang menyebar secara berantai terutama lewat WhatsApp bahwa bakal terjadi gempa dengan kekuatan 8 SR di Jakarta dan Jawa Barat.

Pesan berantai itu berbunyi, dipasang perangkat deteksi dini gempa untuk daerah Jakarta. Bahkan, ada juga imbauan agar warga keluar rumah jika menemukan lampu kedap-kedip. Di bagian akhir, ada pula bunyi agar pesan itu disebarluaskan.

Sutopo mengatakan, penyebaran hoax saat ini begitu meluas. Hoax itu tak hanya soal gempa di Lombok, tapi juga di Jakarta dan Jawa Bar at.

Ia menyebutkan, akibat hoax itu, masyarakat banyak yang mengungsi ke tempat lebih tinggi karena khawatir gempa dan tsunami.

• Cegah Kejahatan Jalanan, 50 Pak Ogah di Depok Dapat Pelatihan Atur Lalu Lintas

• 1 Jam Usai Dilalui Atlet Maraton Asian Games, Jalan Gajah Mada dan Hayam Wuruk Kembali Dibuka

• Raih Medali Perak, Pejetski Ganteng Aero Sutan Aswar Malah Minta Maaf, Ternyata Ini Penyebabnya

"Penyebaran Hoax begitu meluas. Bukan hanya di Lombok. Masih terus beredar. Masyarakat menjadi resah. Sebagian warga di Lombok mengungsi ke bukit-bukit takut gempa dan tsunami. Mari kita lawan hoax. Bantu sebarkan informasi ini ke masyarakat," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul BNPB Pastikan Isu Gempa Berkekuatan 8 SR di Lombok dan Jabar Hoax,

Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya Sumber: Tribunnews Ikuti kami di Video Massa Mengadang Mobil Presidium 2019 Ganti Presiden Neno Warisman di Gerbang Bandara Pekanbaru Sumber: Berita Jawa Barat

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »