Kondusifnya Pilkada di Jawa Barat | Liputan 24 Jawa Barat
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Kondusifnya Pilkada di Jawa Barat

Posted by On 9:34 PM

Kondusifnya Pilkada di Jawa Barat

ALHAMDULILLAH hajat nasional pilkada yang diikuti kurang lebih 171 daerah se-Indonesia berjalan jujur, adil, aman, dan lancar. Ini menandakan, masyarakat sudah cerdas dalam menentukan pilihan pasangan calonnya, baik itu dari pasangan calon gubernur/wakil, bupati/wakil, maupun wali kota/wakil.

Walaupun ada sedikit fenomena yang terjadi di daerah lain tetapi berkat kerja sama dari pihak keamanan dan intansi terkait sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Salah satu pilkada yang penulis perhatikan yaitu di daerah Jawa Barat. Kebetulan merupakan tempat tinggal pula. Sejak persiapan dari awal mulai sosialisasi paslon, acara debat program paslon, hingga pelaksanaan pilgub, pilkada bupati dan wali kota, berjalan dengan kondusif. Tentu ini berkat kerja sama KPU, Bawaslu, pihak keamanan, dan Pemerintah Jawa Barat serta pimpinan kota dan kabupaten penyelenggara pilkada se-Jawa Barat.

Selain itu, partisipasi masyarakat yang ikut andil dalam mendukung pilkada dan menjaga keamanan. Masyarakat Jawa Barat yang punya ciri khas nyunda, nyantri, dan nyakola, tentu tidak ingin daerahnya kacau dan riweuh hanya gara-gara pilkada sesaat saja, walaupun ini juga merupakan hajat lima tahunan untuk menentukan pimpinannya.

Kejadian sedikit memanas hanya di awal saja menjelang pemilihan yang diikuti empat paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar. Setelah pelaksanaan penyaluran surat suara, perhitungan hasil suara di setiap TPS, ada hasil perhitungan suara sementara yang dibantu oleh media elektronik atau pun cetak, dan muncul siapa yang terbaik dan jumlah suara terbanyak. Itulah yang menjadi Gubernur Jawa Barat.

Walaupun perhitungan secara cepat sudah diketahui siapa yang terbaik, kita masih punya waktu untuk melihat hasil verifikasi secara manual baik ditingkat kecamatan, kabupaten/kota, sampai ke tingkat provinsi. Dengan demikia n, tanggal 9 Juli 2018, KPU selaku panitia sudah bisa menentukan siapa pemimpin terbaik dan terpilih untuk Jawa Barat ini.

Pada kesempatan yang baik ini, kami selaku bagian dari masyarakat Jawa Barat, menyampaikan selamat kepada yang sudah terpilih. Semoga jadi pemimpin yang jujur, adil, amanah, dan membawa perubahan yang lebih baik dari pemimpin sebelumnya. Walapun belum final, kepada paslon yang belum beruntung, anggap saja ini sebagai ajang silaturahim dengan warga Jawa Barat dan keberhasilan yang tertunda. Tentunya pada suatu saat bisa mencalonkan kembali, asal ada kemauan dan silaturahim serta niat yang baik untuk membangun Jawa Barat.

Demikian ungkapan hati mewakili sebagian masyarakat Jawa Barat. Saya ucapan terima kasih kepada semua pihak yang tentunya tidak bisa disebutkan satu per satu. Semoga menjadi amal ibadah bagi kita semua.

Terima kasih pula kepada Pikiran Rakyat atas dimuatnya saran dan masukan ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Suryagandi

Jalan Fajar Timur V

Blok A8/20 RT 2 RW 9

Cibeber, Cimahi Selatan

Kota Cimahi 40531

Sumber: Berita Jawa Barat

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »