Gelombang Tinggi Berpotensi Terjang Pesisir Selatan Jawa Barat Hari Ini | Liputan 24 Jawa Barat
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Gelombang Tinggi Berpotensi Terjang Pesisir Selatan Jawa Barat Hari Ini

Posted by On 8:56 PM

Gelombang Tinggi Berpotensi Terjang Pesisir Selatan Jawa Barat Hari Ini

Prakiraan Cuaca

Gelombang Tinggi Berpotensi Terjang Pesisir Selatan Jawa Barat Hari Ini

"Gelombang tinggi laut, berpotensi terjadi tiap tahunnya di puncak musim kemarau antara Juli-Agustus," ujar Tony.

Gelombang Tinggi Berpotensi Terjang Pesisir Selatan Jawa Barat Hari IniISTIMEWAGelombang tinggi melanda kawasan pantai selatan Jawa Barat dan merusak puluhan bangunan serta perahu pada Selasa hingga Rabu (24-25/7/2018).

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Waspada, gelombang tinggi masih berpotensi menerjang pesisir selatan Jawa Barat hari ini, Jumat (27/7/2018).

Berdasarkan data BMKG tentang prakiraan tinggi gelombang laut maksimum di Jawa Barat, tinggi gelombang maksimum di perairan selatan berpotensi mencapai lima meter.

"Laut utara Jawa Barat, tanggal 27 Juli 2018, tinggi gelombang 0,5 sampai 1,0 meter. Laut selatan Jawa Barat, tanggal 27 Juli 2018, tinggi gelombang 3,0 sampai 5,0 meter," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Tony Agus Wijaya melalui keterangan tertulis yang diterima Tribun Jabar.

Lebih lanjut Tony menjelaskan, penyebab gelombang laut tinggi saat ini adalah karena peningkatan kecepatan angin di laut selatan Jawa, hingga 37 kilometer per jam.

Kecepatan angin itu disebabkan oleh menguatnya angin timuran dari Benua Australia yang melewati Pulau Jawa. Dan ada perbedaan tekanan udara antara belahan bumi utara dan selatan.

"Gelombang tinggi laut, berpotensi terjadi tiap tahunnya di puncak musim kemarau antara Juli-Agustus," ujar Tony.

T erpisah, Peneliti Cuaca dan Iklim BMKG Provinsi Jawa Barat Muhamad Iid Mujtahiddin mengatakan, tinggi gelombang laut, lebih dipengaruhi karena kondisi angin yang relatif kencang terutama di sekitar pesisir selatan.

Angin kencang itu disebabkan karena adanya gangguan berupa badai di utara khatalustiwa, salah satunya adalah Badai Ampil di perairan sebelah timur laut Filipina.

"Sampai tanggal 29 Juli 2018, perlu diwaspadai terkait tinggi gelombang laut maksimum karena ketinggian gelombang bisa mencapai 5-6 meter," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar via ponsel, Rabu (25/7/2018).

Dikatakan Iid, badai yang terbaru adalah Badai Wukong di Samudera Pasifik bagian barat yang berdampak pada kondisi yang masih relatif kencang.

"Badai itu berdampak pada tinggi gelombang laut yg cukup tinggi, sampai akhir bulan Juli hingga mencapai 4-5 meter," katanya.

• Suhu Udara Bakal Terasa Panas di Purwakarta Hari Ini, Ini Penjelasan BMKG

• Begini Cara Kirim Chat WhatsApp Secara Otomatis, Pesan Akan Terkirim Sesuai Waktu yang Diinginkan

• Anda Mau Menyaksikan Gerhana Bulan Total Dini Hari Nanti? Lihat Prakiraan Cuacanya Hari Ini

Penulis: Yongky Yulius Editor: Yudha Maulana Sumber: Tribun Jabar Ikuti kami di Video Kapal Karam Diterjang Ombak Tinggi di Pantai Cilacap, Warga Malah Tantang Bahaya Jarah Muatan Sumber: Berita Jawa Barat

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »