GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Dua Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru Akan Hadir di Jawa Barat

Dua Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru Akan Hadir di Jawa Barat

Dua Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru Akan Hadir di Jawa Barat "Sukabumi kita kenal sebagai daerah Pariwisata, ada geopark yang bagus sekali," ujar Menhub.Rabu, …

Dua Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru Akan Hadir di Jawa Barat

Dua Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru Akan Hadir di Jawa Barat

"Sukabumi kita kenal sebagai daerah Pariwisata, ada geopark yang bagus sekali," ujar Menhub.

Dua Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru Akan Hadir di Jawa BaratDok Humas JabarPj Gubernur Jawa Barat, M Iriawan di Balai Asri Pusdai Jabar, Jl. Diponegoro Kota Bandung, Rabu (18/7/18).

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jawa Barat akan segera memiliki ada dua pusat pertumbuhan ekonomi baru di Jawa Barat, yaitu di kawasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka dan kawasan wisata di Sukabumi.

Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi me ngatakan kawasan pertumbuhan baru di Timur Jawa Barat ini juga akan akan didukung oleh infrastruktur berupa pelabuhan besar di Patimban, Kabupaten Subang. Pelabuhan ini, kata Menhub akan lebih besar dibanding Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta.

"Diharapkan di situ (Kertajati dan Subang) akan menjadi pertumbuhan baru. Dimana selama ini angkutan logistik itu menuju Jakarta macet," kata Menhub ketika ditemui usai menjadi pembicara dalam Dialog Nasional ke-16 "Indonesia Maju" yang di helat di Balai Asri Pusdai Jabar, Jl. Diponegoro Kota Bandung, Rabu (18/7/18).

"Ini (pusat pertumbuhan ekonomi baru di Jabar) menjadi alternatif dan ini menjadi suatu pusat pertumbuhan membuat Subang, Karawang, Indramayu, Cirebon, Majalengka menjadi suatu pusat pertumbuhan industri yang luar biasa," lanjutnya.

"Kertajati sudah beroperasi bahkan bisa Umroh dan Haji dari sana, dan (Pelabuhan) Patimban tahun depan jadi. Jadi, ini bisa menjadi kekuatan bar u bagi Jawa Barat," ungkap Menhub.

Kawasan pusat pertumbuhan ekonomi baru lainnya ada di Sukabumi. Menhub mengungkapkan daerah Sukabumi akan dikembangkan menjadi kawasan destinasi wisata. Terlebih saat ini telah ditetapkannya Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menjadi jaringan geopark dunia Unesco.

Kawasan wisata Sukabumi akan didukung konektifitasnya melalui Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), pembangunan Bandara di Cikembar, serta jalur kereta api double track.

"Sukabumi kita kenal sebagai daerah Pariwisata, ada geopark yang bagus sekali," ujar Menhub.

"Kita ingin membangun Sukabumi sebagai destinasi wisata, agar selama ini (perjalanan) enam jam dari Jakarta (ke Sukabumi) kita harapkan satu setengah jam, bahkan dengan pesawat bisa 30 menit," jelasnya.

Untuk itu, Menhub berharap masyarakat bisa ikut berpartisipasi membangun kawasan pusat pertumbuhan ekonomi ini. "Kita bersama-sama mengembangkan atau menggunakan, misal Patim ban sebagai suatu daerah logistik. Industri di Jawa Barat kita kembangkan supaya ini bisa memberikan dukungan bagi Patimban dan memberikan kemakmuran bagi masyarakat Jawa Barat," paparnya.

Halaman selanjutnya 12
Editor: Yudha Maulana Sumber: Tribun Jabar Ikuti kami di Nikita Mirzani Ungkap Fakta Pernikahannya dengan Dipo, Tak Dapat Restu Kakak hingga Perselingkuhan Sumber: Berita Jawa Barat

No comments